Review Leica X type 113, Kamera Leica Terbaik yang Harus Dipunya

Bagi Anda pecinta fotografi, tentu Anda sepakat bahwa kamera Leica merupakan kamera terbaik yang saat ini ada. Desain yang ergonomis dan mudah dibawa kemana – mana serta fitur fotografi yang sangat lengkap menjadikan siapa pun akan merasakan kenyamanan dalam berakselerasi menggunakan kamera Leica tersebut.

 

Kamera Leica X type 113. Sumber gambar: kac.qa

Leica hadir dengan berbagai macam varian produk. Salah satu varian produk dari Leica adalah Leica X type 113 yang didukung berbagai macam spesifikasi andalan di kelasnya. Jika Anda tertarik untuk mengantongi kamera Leica ini, berikut informasi selengkapnya tentang review Leica X type 113 dari Leica yang bisa Anda simak berikut ini!

Review Kamera Leica X Type 113

Desain kamera Leica ini terkesan minimalis. Sebagian besar fisik luar kamera Leica X type 113 terbuat dari bahan logam yang memanfaatkan logam alumunium dan magnesium. Bagian atas dan depan kamera terbuat dari bahan logam. Kemudian di bagian belakang kamera, dekat dengan layar LCD terbuat dari bahan plastic.

Pintu port USB dari Leica juga terbuat dari bahan plastic. Kamera ini tersedia ke dalam dua jenis varian warna yaitu warna hitam dan perak cokelat. Pengaturan kamera penting pada kamer ini seperti halnya bukaan dan shutter speed terdapat di bagian atas kamera.

Juga disana terdapat pilihan mode autofocus yang terdapat di dekat tombol shutternya. Pilihan ini sekaligus memberikan fungsi untuk menyalakan atau mematikan kamera. Kemudian di bagian sebelah kiri dari kamera terdapat pop up flash. Anda bisa menghasilkan gambar ciamik dengan dukungan fitur tersebut.

Beralih pada bagian lensa, kamera ini dibekali dengan lensa dan penutup yang terbuat dari bahan logam. Lensa Leica X menggunakan lensa 23 mm f/1.7 yang merupakan lensa autofocus namun juga memiliki tanda jarak untuk memudahkan bagi setiap pengguna yang terbiasa mengatur manual dalam mengatur fokus secara manual.

Pada bagian layar LCD, kamera Leica sudah jauh lebih detail dan sangat tajam dibandingkan pendahulunya yaitu Leica X-E. Kini kamera ini dibekali dengan layar LCD beresolusi 921 ribu titik yang mirip dengan kamera DSLR atau mirrorless yang banyak beredar saat ini.

Ketika Anda menggunakan kamera ini untuk memotret di siang hari, ketika matahari sedang bersinar dengan terang memang Anda akan kesulitan melihat detail secara jelas. Karena itu bagi pengguna Leica X, agar kegiatan memotret di siang hari ketika terik lebih nyaman Anda bisa menggunakan tambahan viewfinder yaitu Leica Visoflex Type 20 karena viewfinder ini sangat bagus.

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh Leica X sendiri sangat baik dengan optimasi sensor kamera sebesar 16 MP dengan lensa 23 mm beraperture f/1.7. Lensa dan kamera ini juga bisa menangkap detail pemandangan dengan sebaik mungkin.

Warnanya netral dan tidak begitu jenuh atau saturated dengan memiliki tonal datar atau flat. Tonal tersebut sekilas kontras foto yang menjadikan foto tidak menarik. Namun kita selalu bisa meningkatkan warna dan kontrasnya dengan memanfaatkan suatu software yaitu Adobe Lightroom yang dipaketkan ke dalam bundle pembelian kamera ini.

Dengan hal tersebut, ketika Anda memotret menggunakan ISO yang tinggi, maka penyebaran noise dan bentuknya terkesan lebih alami seperti grain pada film sehingga tak akan mengganggu pandangan Anda.

Itulah informasi review kamera Leica ini yang Anda harus tahu. Bagi Anda yang sedang mencari produk kamera terbaik Leica, Anda bisa memilih Leica X type 113.

Leave a Reply